Recent Posts

Jumat, 15 Juni 2012

Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) bagi 1500 Guru di Depok


Press Releas
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum’at, 15 Juni 2012
Bertempat di lantai 2 Depok Town Square Margonda, Jum’at (15/6) Wakil Walikota Depok KH. M Idris Abdul Somad membuka Launching Pelatihan (TIK) Teknologi Informasi dan Komputer yang diperuntukkan bagi 1500 guru di Kota Depok. Turut hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Asep Rahmat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Herry Pansila, Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok HE Gunawan, Bapak Rudi, Ketua BMPS Kemo Santoso, Kabid Pendas Disdik Kota Depok Mochamad Nurdin, Kasi SMP Pendas Tati Wijayati, Pengelola Detos, Para Kepala Sekolah dan hadirin lainnya.
Pusat Pelatihan Learning Center Komunikasi Informasi dan Komputer merupakan Kegiatan yang dibentuk dan digagas oleh Depok Cyber Community dan Dinas Pendidikan Kota Depok. Sebuah kegiatan dari guru, oleh guru dan untuk guru. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para guru agar mampu melakukan kegiatan belajar mengajar yang berbasis TIK. 1500 guru di Kota Depok dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti pelatihan TIK secara cuma-cuma (gratis) melalui www.depok-cyber.com, Pelatihan akan dimulai dari tanggal 19 Juni 2012 sampai 6 bulan kedepan. Depok cyber community terlahir dari gagasan guru di Kota Depok, yang ingin berkontribusi dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan guru dalam bidang TIK ( Teknologi Informasi dan Komputer ) hal ini untuk mensukseskan Depok Cybercity. Para guru di Kota Depok diharapkan mempunyai blog sendiri untuk digunakan menginformasikan mata pelajaran sehingga pengajaran berbasiskan TIK dapat diterapkan. Selain menghemat kertas, spidol, atau kapur, Pengajaran berbasis elektronik untuk mendukung pengajaran tatapmuka. Semoga murid cerdas dan melek teknologi.
Sementara itu Wakil Walikota KH. M Idris Abdul Somad mengapresisasi atas terselenggaranya acara ini. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang membentuk generasi penerus bangsa menjadi berilmu dan berakhlak. Pelatihan TIK ini merupakan salah satu bentuk upaya Pelayanan yang baik dan cepat terhadap masyarakat khususnya mereka yang mempunyai anak yang duduk di bangku sekolah. Wakil Walikota sangat berterimakasih atas dana csr yang disalurkan beberapa perusahaan untuk membiayai pelatihan ini. Beberapa perusahaan tersebut yaitu: asus, speedy, telkom, V-gen, Pegita.
Perlu disadari bersama bahwa Teknologi IT yang digunakan juga berpotensi membawa dampak yang negatif, karena adanya globalisasi, maka disinilah peran serta guru sangat dibutuhkan untuk mengarahkan penggunaan teknologi agar dapat meminimalisir dampak negatif dan murid mampu menyaring mana info yang mendidik dan yang merusak akhlak. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 dan Perda Kota Depok No. 8 diharapkan dapat menjadi acuan bagi seluruh insan pendidikan dalam mengelola dan menyelenggarakan pendidikan di daerah masingi-masing,” tutup Idris.
HE Gunawan menjelaskan bahwa salah satu Implementasi TIK adalah seperti Interactive White Board, Pembuatan Word Press, Blog, terima dan kirim tugas melalui email antara murid dan guru.  Melalui blog yang dibuat oleh para guru, Mereka juga dapat mengumumkan nilai murid-muridnya agar dapat diakses melalui internet oleh Para orangtua murid.
Pelatihan TIK ini bertujuan untuk mengantarkan guru menjadi:
- Tau. Karena dengan diberikannya keterampilan TIK mereka dapat mengetahui kegunaan program Ms. Power Point misalnya untuk menulis point bahan mata ajar, Ms word digunakan untuk mendukung penjelasan pada bahan mata pelajaran, dan Ms. Exel dapat digunakan untuk membuat daftar nilai, menganalisis nilai harian, daftar hadir, dan membuat grafik.
-  Mampu melaksanakan dan menggunakan TIK,
-  Mau berkomitment untuk melaksanakan TIK,
-  dan dibutuhkan Daya dukung, dukungan dari teman, Kepsek, Disdik dan Pemerintah atau CSR, untuk pengadaan sarana dan prasarana fisik.
Kegiatan pelatihan ini dibiayai oleh csr beberapa perusahaan sponsor : telkom indonesia, speedy, v-gen, asus, Pegita. 1500 guru baik dari swasta maupun negeri dapat secara bebas dan gratis mendaftarkan dirinya di www.depok-cyber.com , “jelas Gunawan. (WG)
Kepala bagian
Humas dan protokol
Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar