Recent Posts

Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara Menambah daya listrik PLN


Tambah Daya, PLN Beri Listrik Gratis

Foto ilustrasi: Agung/okezone
Foto ilustrasi: Agung/okezone
PT PLN (Persero) menyediakan layanan tambah listrik (tambah daya) gratis bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA yang naik daya ke 1.300 VA atau 2.200 VA. Pelayanan ini diberikan melalui unit pelayanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto seperti dikutip dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (7/3/2011).

"Layanan ini berlaku sejak awal Maret hingga Juni 2011 nanti. Lewat program ini, PLN memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk dapat menikmati listrik dengan daya lebih besar sehingga bisa lebih bebas dan nyaman dalam menggunakan listrik untuk berbagai kebutuhan," katanya.

Berdasarkan data pengguna listrik/pelanggan setiap bulan, terlihat banyak sekali pelanggan 450 VA dan 900 VA yang pemakaian listriknya tinggi.

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya peralatan listrik rumah tangga yang harganya relatif murah. Contoh, saat ini di pasaran sudah ada penyejuk ruangan AC yang kebutuhan daya listriknya rendah, harganya terjangkau.

"Tidak heran bila pelanggan 900 VA sudah memakai AC di rumah. Akibatnya, apabila daya listrik yang dipergunakan pelanggan melampaui daya tersambungnya, maka listrik pun langsung 'jepret'. Kondisi yang demikian, selain mengganggu kenyamanan, juga dapat menyebabkan peralatan listrik tidak bekerja optimal," ungkapnya.

Sehingga, solusi dari masalah tersbut adalah memperbesar daya menjadi 1300 VA atau 2200 VA. Namun permasalahannya adalah, biaya tambah daya tersebut relatif mahal.

Menjawab permasalahan tersebut, kini PLN menggratiskan biaya tambah daya itu. Hal ini tentu karena PLN nantinya akan mendapatkan tambahan pendapatan. Sebab harga listrik 1300 VA atau 2200 VA lebih tinggi dibanding 450 VA atau 900 VA.

"Tambahan pendapatan ini juga dampak positif juga bagi masyarakat, karena dengan demikian subsidi listrik yang diberikan Pemerintah dapat berkurang dan dialihkan untuk perbaikan sektor lain seperti kesehatan, pendidikan, dan lainnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, diperkirakan satu juta pelanggan daya 450 VA dan satu juta pelanggan daya 900 VA, terutama di Jawa akan memanfaatkan kesempatan ini. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan pemakaian listrik dan sekaligus berkontribusi membantu keuangan negara. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar