Recent Posts

Senin, 27 Februari 2012

Evakuasi Korban Tertimbun Longsor Berlanjut Evakuasi Korban Tertimbun Longsor Berlanjut



Evakuasi korban jiwa dalam insiden tanah longsor di Kampung Padasuka RT 04 dan RT 05 RW 12 Kelurahan Gudang Kecamatan Bogor Tengah belum membuahkan hasil. Dua hari sudah korban Eweng Fatimah (70) yang tertimbun reruntuhan bangunan belum berhasil diangkat oleh Tim SAR Gabungan.

“ Sudah ada titik terang. posisi korban yang tertimbun reruntuhan. Bagian kepala korban sudah kita temukan, Tapi, kami masih kesulitan untuk melakan evakuasi, “ kata Ketua Tagana (Tanggap Bencana) Surya Kelana di lokasi kejadian, Senin (27/2/2012).

Surya menjelaskan, kondisi medan yang dihadapi sangat berbahaya dan beresiko tinggi. “Kami khawatir puing-puing bangunan antara runtuh.  Jarak rumah yang satu dengan yang lainnya saling berhimpitan dan berundak undak, “ kata Surya.

Makanya, kata Surya, harus berhati dalam melakukan evekuasi, karena keselamatan para relawan juga harus kita perhatikan. Posisi jasad korban Eweng Fatimah (70 tahun) sendiri terletak di bagian bawah puing-puing itu, “ jelasnya.


Kondisi medan sangat berbahaya menyulitkan Tim SAR melakukan Evakuasi
Surya mengatakan, untuk menjaga puing-puing bangunan tidak runtuh, pihaknya menggunakan peralatan-peralatan sederhana seperti dongkrak manual.

"Sebetulnya kami butuh alat berat. Namun lokasi yang terletak di tengah pemukiman padat penduduk tidak memungkinkan untuk menggunakan alat-alat tersebut, “ katanya.

Dalam melakukan evakuasi dikerahkan sedikitnya 389 personil antara lain dari pemadam kebakaran (damkar), Tagana, Satpol PP, TNI, Basarnas, ormas dan relawan – relawan lainnya. (yan/gus/lan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar