Recent Posts

Sabtu, 15 Desember 2012

Gubernur Serahkan Bantuan ke Petani 13,7 Miliar


BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyerahkan hibah uang untuk perbaikan irigasi dan bantuan peralatan dan mesin pertanian (alsintan) pasca panen. Total nilai hibah dan bantuan itu sebesar Rp 13,7 miliar. "Untuk irigasi Rp 10 miliar, dan bantuan peralatan untuk pengolahan pasca panen sebesar Rp 3,7 miliar," rinci Heryawan usai memberikan bantuan secara simbolis hibah uang untuk perbaikan jaringan irigasi tingkat usaha tani (Jitut) dan jaringan irigasi Desa (Jides) 2012 di Desa Sangkanhurip Kec.Katapang Kab. Bandung, Kamis (13/12).
Hibah sebesar Rp 10 miliar akan dibagikan ke 200 gabungan kelompok petani (gapoktan) di 20 kabupaten/kota di Jabar. Masing-masing gapoktan mendapat jatah Rp 50 juta. "Ini untuk perbaikan saluran irigasi yang langsung ke sawah-sawah, selama ini banyak yang bolong-bolong," jelas gubernur yang akrab disapa Aher ini.
Sedangkan bantuan alsintan pasca panen berupa penggilingan padi 23 unit, dryer 5 unit, power thresher 44 unit, terpal 65 unit. Bantuan ini dibagikan ke 67 gapoktan yang ada di 14 kabupaten/kota di Jabar. "Setelah pengairan dan produksinya bagus, berikutnya kan bagaimana pengolahan pasca panen agar lebih bernilai secara ekonomi. Dengan punya penggilingan sendiri, petani akan menjual beras, bukan gabah, dan ini lebih menguntungkan bagi petani," jelas Aher.
Sementara untuk mempertahankan areal pertanian Aher setuju dengan usulan moratorium. "Moratorium perijinan lahan pertanian menjadi industri perlu dilakukan sejalan dengan Rencana Umum Tata Ruang Wilayah yang telah diperkuat Perda sehingga kedepan bagi kepala Daerah yang mengijinkan lahan basah menjadi industri merupakan pelanggaran kriminal," jelasnya.
Lahan basah yang memiliki cukup air dan dapat ditanamai tiga kali dalam setahun, tegasnya, harus tetap dijadikan lahan pertanian. "Kalau yang kering, dan kurang produktif, bisa dibuat perumahan," ujarnya. Selain peningkatan hasil pertanian, Aher juga mendorong industri yang berbasis pada pertanian. "Kalau hasilnya sudah bagus, lalu bagaimana mengelola, mengemasnya kan? Nah ini kita butuh industri yang berbahan baku atau berbahan mentah pada pertanian. Jasi saya sangat mendukung kalau ada industri yang juga turut mensejahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar