Recent Posts

Jumat, 11 Januari 2013

Cegah Flu Burung, Jakpus Gencarkan Monitoring

vaksinasi flu burungMenyusul ditemukannya unggas-unggas yang mati diduga terinfeksi virus flu burung di sejumlah wilayah di Indonesia, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat terus menggencarkan kegiatan monitoring dan sosialisasi pencegahan flu burung kepada masyarakat. Meski begitu, hingga saat ini, belum ditemukan kasus flu burung di wilayah Jakarta Pusat. 
 
Kepala Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat, Ida Herawaty menuturkan, sebagai langkah antisipasi merebaknya firus flu burung, pihaknya menggencarkan sosialisasi serta monitoring di tiap-tiap kecamatan. Pihaknya juga melakukan evaluasi rutin setiap bulannya kepada para pemilik unggas. "Kita selalu mengadakan sosialisasi tentang langkah yang harus diambil jika masyarakat mencurigai adanya virus flu burung. Monitoring juga terus kami tingkatkan," ujar Ida, Kamis (10/1).  
 
Dikatakan Ida, sebenarnya pemerintah sudah melarang masyarakat untuk memelihara unggas sembarangan. Pihaknya juga sudah kerap melakukan razia terhadap para pemilik unggas. Namun sepertinya para pemilik unggas selalu mengetahui ketika petugas mengadakan razia. "Ketika ada razia, pemilik unggas bisa menyimpan unggas miliknya ke tempat lain. Sebenarnya masyarakat tidak boleh memilihara unggas, kecuali pedagang dan penyalur daging, itu juga harus disertai pemantauan intensif," tuturnya.
 
Kasie Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat, Sarjoni mengatakan, di wilayah Jakarta Pusat hingga saat ini belum pernah ditemukan unggas yang terindikasi dan terjangkit flu burung.  “Sampai saat ini belum pernah ada laporan dari tingkat kecamatan atau kelurahan terkait kasus unggas yang terjangkit flu burung. Mudah-mudahan wilayah Jakarta Pusat tidak terjangkit flu burung,” kata Sarjoni,
 
Hingga saat ini, ditambahkan Sarjoni, pihaknya belum melakukan razia atau sweeping terkait flu burung. Terlebih, aksi di lapangan dilakukan oleh jajaran kelurahan atau kecamatan. “Action-nya ada di wilayah kecamatan atau kelurahan, kalau ada laporan dan camat atau lurahnya dan mereka telah mengirimkan peringatan satu dan dua, serta lurah atau camatnya mengkoordinasikan dengan sudin, kita akan ambil langkah antisipasi dibantu Satpol PP.  Caranya, dengan memusnahkan unggas-unggas tersebut,” tandasnya. 
 
 
 
Reporter : lopi
Sumber : beritajakarta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar