Recent Posts

Senin, 27 Februari 2012

Produk Kreatif Kota Garut


Outlet Jaket Kulit Garut, Jl. A.Yani Garut
Topi Laken, khas produk Garut
Jenis batik Garutan
Alat Tenun Manual membuat bahan kain batik sutra
Assasoris dari bahan akar wangi
Membuat taplak dari bahan akar wangi
Mengolah dodol dari tepung ketan, susu dan gula
Coklat Dodol, produk Pk.Kiki, penemu Cokodot
Kemasan modern, higienis dan menarik


Selain terkernal tempat wisatanya, yaitu Wisata Air Panas Cipanas, Kabupaten Garut juga terkenal dengan makanan khasnya, “Dodol Garut” yang sudah dieksport ke berbagai negara. Dengan kreatifitas para perajinnya, kini makanan cemilan dodol bertambah jenisnya, yaitu “Cokodol (Coklat Dodol). Berbagai rasa dikembangkan dan berbagai kemasan juga disesuaikan dengan akselerasi modernisasi sehingga menarik minat pembeli.
Garut juga terkenal dengan berbagai produk kerajinan seperti dari bahan “akar wangi”. Untuk kerajinan ini, produknya banyak beredar di Kota Bandung dan Jakarta. Produknya, seperti : assesories, gift and boxs, lighting, penyekat ruangan dan lainnya. Bila anda ingin mengetahuinya, bisa berhubungan dengan Toko Zocha Graha Kriya pimpinan Ibu Johana, di Jl. Pakuwon No. 10 Garut.
Kini, Garut sedang menggeliat melalui produk jaket kulit yang sudah dikenal, tidak saja di dalam negeri tapi juga mancanegara, seperti, Malaysia, Singapura dan Thailand. Produknya berkualitas dan modelnya selalu up to date sesuai perkembangan dunia mode. Kalau dulu pusat produk jaket masih terkonsentrasi di daerah Sukaregang, tapi kini berkembang ke berbagai daerah di perkotaan Garut. Berbagai even promosi selalu diikuti para perajin, baik lokal, provinsi maupun nasional. Berbicara jaket kulit, hampir pasti itu dari Garut. Salah satu perajin jaket yang telah memiiliki nama, yaitu H. Yusuf Sopian yang tokonya terletak di Jl. Ahmad Yani No. 320 Garut, terkenal dengan Toko ASTIGA.
Selain produk  tersebut di atas, Garut juga memiliki kerajinan batik. Sekitar 15 perajin batik dan puluhan pedagang batik berkembang di Garut.  Produknya, dari batik cetak, printing, sampai batik tulis dan batik sutra. Salah seorang perajin batik bernama Radjib, telah puluhan tahun menggeluti batik termasuk dari bahan sutra. Perajin batik Radjib, terletak di Jl. Pembangunan belakang Diknas Kampung Citeureup 03/03 No. 414 tarogong Garut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar