Recent Posts

Senin, 02 April 2012

10 Program PKK Desa Karanggan Dinilai



Tim_RechekingSetelah berhasil meraih predikat enam besar dalam lomba 10 program pokok PKK Tingkat Wilayah Bogor. Kini Tim Penggerak PKK Desa Karanggan Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor melaju diajang lomba tingkat provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Bogor.
Sebanyak 6 orang yang tergabung dalam Tim Recheking 10 Program PKK Provinsi Jawa Barat melakukan penilaian langsung dengan mengunjungi Sekretariat TP PKK Desa Karanggan Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Senin, (26/3).
Tim rombongan yang dipimpin oleh Lin Burhaeni ini, diterima secara langsung oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bogor H. Roy E. Khaerudin didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Elly Halimah Rachmat Yasin dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Saptariani Karyawan Fathurahman serta SKPD terkait.
Saat menerima tim rombongan tersebut, dalam sambutannya Roy E. Khaerudin antara lain mengatakan bahwa, keberhasilan pemberdayaan peran tim penggerak PKK di Kabupaten Bogor ditunjang oleh kinerja para kadernya dilapangan yang sangat militan, berdaya juang tinggi dan memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Menurutnya, dengan dukungan kader-kader PKK yang potensial, pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Bogor berkembang cukup baik, dengan tetap memberikan perhatian khusus terhadap upaya memelihara sifat dan semangat kegotongroyongan masyarakat, menggalang kemitraan dengan berbagai pihak serta melaksanakan 3 tertib, yakni tertib sistem pelaporan serta tertib pengelolaan data, mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaksanaan dan evaluasi.
“Sejauh ini, Tim Penggerak PKK disemua tingkatan di Kabupaten Bogor mampu bekerjasama dengan berbagai stakeholders pembangunan, baik dengan para anggota badan penyantun dari jajaran dinas daerah dan lembaga teknis terkait, DPRD dan kalangan dunia usaha, maupun dengan perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, sehingga pelaksanaan program kerjanya senantiasa menyeluruh, terintegrasi dengan program-program pembangunan daerah serta menyentuh akar kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi”, tandas Roy. E. Khaerudin
Mengingat besarnya manfaat keberadaan Tim Penggerak PKK bagi keberhasilan pembangunan daerah, lanjut Roy. E. Khaerudin, Pemkab Bogor senantiasa menyambut positif dan memberikan dukungan terhadap setiap upaya dan program kerja yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK, khususnya dalam pengembangan 10 program pokok PKK.
Sementara itu, Ketua Rombongan Tim Recheking 10 Program Pokok PKK Propinsi Jawa Barat Lin Burhaeni mengatakan, Tim Provinsi Jawa Barat telah melakukan monitoring dan evaluasi, hal tersebut terkait dengan hasil rapat kerja nasional (Rakernas) yang menyatakan bahwa untuk memahami keunggulan daerah akan disesuaikan dengan potensi, kondisi dan keadaan yang ada sehingga di era demokrasi ini peluang kebijakan kelembagaan dapat berkembang.
“Hasil Rakernas menyatakan kesepakatan Tim Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan 10 Program pokok PKK di tiap Desa dan Wilayah sehingga dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dengan dukungan semua pihak dari Bupati maupun jajaran di tingkat desa dan wilayah”, ujar Lin Burhaeni.
Ia menambahkan, dibutuhkan eksistensi para kader PKK dengan membimbing dan membina keluarga dan masyarakat di lingkungan masing-masing agar peluang meningkatkan 10 program PKK ke depan berjalan lebih baik.
Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karanggan memohon dukungan serta doa restu kepada warga masyarakat agar Desa Karanggan Kecamatan Gunungputri dapat mendapat predikat juara pertama di tingkat Provinsi Jawa Barat.
Selanjutnya Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Elly Halimah Rachmat Yasin mengatakan, kegiatan recheking pelaksana terbaik ini memberikan kesempatan yang berharga bagi TP PKK Kabupaten Bogor, khususnya Desa Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor untuk memperoleh pembinaan dan arahan lebih lanjut tentang upaya peningkatan program pemberdayaan peran PKK yang lebih baik demi tercapainya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh.
“Keberhasilan gerakan PKK di Kabupaten Bogor tentunya tidak dapat dilepaskan dari adanya 10 program pokok PKK yanag benar-benar bermanfaat dan menyentuh seluruh aspek kehidupan, termasuk peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, perbaikan gizi dan kependudukan serta peningkatan aksesibilitas terhadap kemandirian dan kesejahteraan hidup”, tandas Elly Halimah Rachmat Yasin
Menurutnya, melalui pengembangan 10 program pokok PKK, masyarakat berkesempatan memperoleh pencerdasan dan pencerahan mengenai bagaimana cara hidup yang lebih baik dan berkualitas, sehingga secara bertahap mampu meningkatkan kualitas kehidupannya secara mandiri. (IWA/AMY DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar