Recent Posts

Senin, 02 April 2012

“Diskominfo Canangkan Kabupaten Bogor Cyber”



 sonyDalam upaya menyikapi era keterbukaan informasi dan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor melakukan berbagai terobosan,  salah satu terobosan  yang saat ini tengah dilakukan adalah  mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (E-Government) yang dikemas dalam sebuah program Kabupaten Bogor Cyber. Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor  H. Sony Abdussukur saat ditemui diruang kerjanya. Kamis, (15/3).
“Pengembangan model electronic government  berupa program Kabupaten Bogor Cyber yang akan dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor ini, dimaksudkan  untuk  mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang efesien, efektif, transparan dan akuntabel, khususnya dalam bidang layanan data dan informasi melalui website, digital library, dan layanan publik lainnya.” Ujar Sony yang juga selaku Plh. Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor.
Menurutnya, melalui penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik inilah, diyakini penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Bogor akan  semakin lebih baik lagi. terutama dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat (government to citizen). Pasalnya, masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus menunggu kantor buka. Misalnya dalam melayani Kepemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Juga manfaat lain yang dapat dirasakan dengan e-government inilah, dipastikan dapat meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat (government to business),  karena informasi akan lebih mudah diperoleh. Misalnya dalam pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan para pengusaha, dan sebagainya.
Selain itu, semakin tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan, serta semakin  meningkatnya pula transparansi pemerintahan, dan koordinasi antar institusi pemerintah dalam melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dan sebagainya (government to government).
Lebih lanjut Sony mengungkapkan, di era globalisasi saat ini, TIK telah menjadi infrastruktur ekonomi dan pemerintahan yang sangat penting. Dukungan TIK dalam menyediakan sistem layanan dan informasi yang mudah, murah, cepat dan akurat diyakini mampu meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi dan sebagai dasar yang kokoh bagi pembangunan berkelanjutan.
Untuk itulah, kata Sony, Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)  itu mutlak dibutuhkan dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan demi menjamin terwujudnya e-Government Daerah dalam upaya peningkatan pelayanan publik yang secara efisien dan efektif  menuju Good Governance.
Dengan demikian, tambah Sony, pihaknya berharap dukungan serta do’a dari seluruh elemen masyarakat, termasuk pimpinan dan SKPD juga dunia usaha, sehingga program ini dapat terealisasi pada tahun 2013 bersamaan dengan pembangunan gedung Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor sesuai usulan melalui  Musrenbang yang dilakukan beberapa hari lalu, sehingga program ini benar-benar dapat terwujud dan  dapat melaksakan kerja secara  maksimal. (IWA/DISKOMINFO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar