Recent Posts

Rabu, 11 Januari 2012

MOU Akses Jalan TPAS Nambo Ditandatangani



MOU_Akses_Jalan_TPAS_Nambo_DitandatanganiPerjanjian kerjasama pembangunan akses jalan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Regional Nambo ditandatangani. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bogor, PT.Indocement dan PT.Cibinong Center Industrial Estate di Ruang Serbaguna I Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Kamis (5/1).
Sebelumnya Pemerintah Jawa Barat, Pemerintah Depok, Dan Kabupaten Bogor membuat keputusan bersama penunjukan TPAS Nambo menjadi TPAS Regional. Menurut Kepala Dinas Bina Marga Helmi Gustian penyediaan akses jalan didasarkan pada keputusan Bupati, sepanjang 6 Km atau 25,5 Ha akan dibangun jalan menuju TPAS Regional yang berada di Desa Nambo dan Desa Luluh Kecamatan Kelapanunggal.
“Pemerintah telah melakukan pembebasan lahan yakni 78 bidang tanah dengan biaya sekitar 10 miliyar rupiah. Dalam penyediaan akses jalan tersebut PT.Indocement menyediakan lahan sekitar 6 Ha dan PT.Cibinong Center Industrial Estate 6,45 Ha”, terang Helmi.
Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Nurhayanti mengatakan konsep pengembangan TPAS Regional Nambo menjadi satu-satunya alternative yang sangat tepat. Manfaatnya dirasa memiliki efek ganda, tidak hanya untuk mengelola sampah tapi juga memberdayakan masyarakat setempat.
“Perjanjian kerjasama ini untuk mensinergikan penyediaan akses jalan dan pembangunannya. Diharapkan pembangunan akses jalan ini dapat mendukung system pengolahan akhir sampah dan dapat menaikan segi investasi khususnya di sekitar TPAS nambo”, ujar Nurhayanti.
Kemudian Pemerintah jawa Barat yang diwakili Kepala Biro Otonomi Daerah Soni S.Adisoedarma menerangkan, mudah-mudahan penanganan sampah ini bisa lancar dan berorientasi pada lingkungan. Serta kehadiran TPAS Regional ini dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya.
“Mudah-mudahan ini bisa menjadi proyek percontohan yang baik. TPAS Regional Nambo diharapkan menjadi contoh bagi TPAS di daerah-daerah lain di Jawa Barat Khususnya dan di Indonesia pada umumnya”, ungkap Soni.(Rido/Diskominfo Kab.Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar